Simak Ketentuan Pendaftaran Ujian Masuk Poltekkes 2024 -
.jpg)
Halo Safira (Sahabat Indofira)
Diantara Safira ada yang sudah mau/sudah mendaftar Pendaftaran Poltekkes. Bagi Safira yang mencari informasi mengenai seputar Pendaftaran Ujian Masuk Poltekkes, mimin kali ini akan membagikan informasinya, disimak ya..
A. Pendaftaran Sipenmaru Online Poltekkes Khususnya Jalur PMDP dan Jalur Umum
Dari banyaknya jalur-jalur seleksi masuk ke Poltekkes tersebut, disini akan dijelaskan tahapan pendaftaran khusus untuk jalur PMDP dan jalur umum.
1. Mendaftar User Akun
Buka alamat spmbp.bppsdmk.kemkes.go.id lalu klik "Yuk, Daftar"
2. Input Data Registrasi
- Nama Lengkap, disesuaikan dengan KTP / Akta Kelahiran / Ijasah
- Alamat Email, alamat email utama yang secara rutin digunakan.
- Alamat email akan dijadikan login user setelah proses registrasi selesai
- Nomor Telepon, gunakan nomor telepon / handphone yang utama
- Kata Sandi, kata sandi yang akan digunakan untuk login ke website SIPENMARU Online
- Konfirmasi Kata Sandi
* Jangan lupa klik pada “Saya menyetujui Syarat & Ketentuan ini”
3. Konfirmasi Email
SIPENMARU Support akan mengirimkan email konfirmasi pada email yang didaftarkan. Buka email anda lalu Klik pada tombol Konfirmasi Email
4. Pilih Jalur SIPENMARU
Pilih jalur SIPENMARU yang akan diikuti, jalur yang ada di website SIPENMARU Online adalah : PMDP dan UMUM.
5. Isi Formulir
Pastikan semua inputan diisi dengan benar, setelah submit tidak dapat diedit kembali.
Beberapa ketentuan umum pada pengisian form di atas:
- Pengisian data harus valid, terdapat sanksi pidana jika menginput data palsu
- Pastikan nomor telepon dan nomor telepon orang tua adalah nomor yang aktif dan dapat dihubungi
- Pastikan alamat rumah merupakan alamat korespondensi
- Pilihan Prodi boleh 1 atau 2 pilihan
- Periksa kembali semua isian sebelum klik submit
6. Lakukan Konfirmasi Pembayaran
Setelah klik submit maka akan muncul informasi pembayaran. Catat informasi tersebut dan lakukan pembayaran di bank yang sudah ditunjuk. Klik pada tombol
“Konfirmasi Pembayaran”
Isi informasi pembayaran sesuai dengan struk pembayaran, lalu upload file scan struk pembayaran. Setelah itu menunggu konfirmasi dan seleksi administrasi
diproses (± 1 x 24 jam)
7. Lihat Informasi Lulus Administrasi, Lulus Uji Tulis dan Lulus Tes Kesehatan
Setelah melakukan konfirmasi maka informasi lulus atau tidak lulus administrasi akan muncul di form calon mahasiswa. Login ke website menggunakan email yang
terdaftar sebagai user login dan password yang sudah diinput sebelumnya
Setelah login klik menu Pendaftaran, lalu pilih menu Mahasiswa Baru, kemudian lihat status
8. Cetak Kartu Ujian / Cetak Form PMDP
Pada jalur umum, setelah dinyatakan lulus administrasi maka calon mahasiswa dapat mencetak kartu ujian dengan menklik cetak kartu tanda ujian. Sedangkan pada
jalur PMDP, setelah dinyatakan lulus administrasi maka calon mahasiswa dapat mencetak form PMDP dengan menklik cetak form PMDP
9. Selalu Lihat Update Pengumuman
Calon mahasiswa harus selalu melihat update pengumuman di website untuk mendapatkan informasi terkini dari proses pendaftaran.
B. Pendaftaran Simama Poltekkes
Alur Pendaftaran
1. Buat akun
2. Login
3. Pilih Kampus / Prodi
4. Cek Tagihan Pembayaran
5. Cek Kartu Ujian
6. Review Biodata
7. Ungguh Foto
8. Isi Biodata & Unggah Raport
9. Bayar ke Bank
Syarat Pendaftaran
• Persyaratan Umum:
- Warga Negara Indonesia
- Lulusan SMA/MA/SMU/Paket C semua Jurusan dapat mendaftar SIMAMA pada seluruh jenis Prodi
- Usia calon peserta maksimal 27 tahun pada awal Tahun Akademik 2022/2023 (1 September 2022). Kecuali peserta Tugas Belajar dan Izin Belajar dapat
menyesuaikan dengan ketentuan yang berlaku untuk program tersebut
- Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di Poltekkes dan tidak mengganggu aktivitas kinerja sesuai
profesinya
- Tinggi badan minimal 155 cm bagi laki-laki dan 150 cm, kecuali Prodi tertentu dapat ditentukan oleh Poltekkes Kemenkes masing-masing (verifikasi tinggi badan
dilakukan pada saat ujian kesehatan)
- Tinggi badan untuk Prodi lainnya ditetapkan oleh Poltekkes masing-masing sesuai dengan kebutuhan dan diumumkan kepada calon peserta SIMAMA
POLTEKKES KEMENKES
• Persyaratan Khusus
Bagi calon peserta yang berasal dari keluarga miskin/keluarga tidak mampu secara ekonomi dibuktikan dengan Surat Keterangan Miskin/ tidak mampu dari
Kelurahan/Desa (bila perlu dilakukan kunjungan rumah)
• Persyaratan Lulusan Pendidikan
Catatan *):
- Peryaratan Jenis Lulusan ditentukan berdasarkan Jenis Prodi dan berlaku sama di semua Poltekkes Kemenkes
- Persyaratan Tinggi Badan ditentukan berdasarkan jenis Prodi dan berlaku sama di semua Poltekkes Kemenkes
Mata Pelajaran yang Diujikan
Materi Ujian Tulis :
1. Matematika
2. Bahasa Indonesia
3. Bahasa Inggris
4. IPA (Biologi, Kimia, Fisika)
5. Biaya Pendaftaran & Cara Pembayaran
Biaya Pendaftaran
Rp. 125.000,00 *
* Diluar biaya admin dan biaya kesehatan
Cara Pembayaran:
File tata cara pembayaran untuk Pendaftar Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan tahun 2022, sebagai berikut :
- Bank Mandiri
- BNI
- BSI
Tata Tertib Ujian
• Briefing :
- Seluruh peserta wajib mengikuti brefing H-1 secara daring sesuai Lokasi Ujian.
- Link Zoom akan dikirim melalui Email masing-masing peserta oleh Panitia Lokal
• Kehadiran :
- Peserta telah hadir di lokasi ujian selambat-lambatnya satu (1) jam sebelum waktu pelaksanaan ujian
- Peserta mengenakan pakaian sopan, rapi, bersepatu
- Tidak diperkenankan :
# Menggunakan kaos oblong
# Celana/rok jeans/Kudorai dan sejenisnya
# Sendal jepit atau sandal dalam bentuk dan model apapun
• Peserta wajib membawa dan menunjukkan kartu tanda peserta serta tanda pengenal lainnya (bukti identitas berfoto)
• Alat komunikasi dan lain-lain :
- Seluruh alat komunikasi harus dimatikan dan disimpan ditempat yang telah disediakan oleh panitia pelaksana
- Seluruh barang-barang termasuk buku, catatan atau tas peserta, dikumpulkan di tempat yang telah disediakan oleh panitia ujian
- Peserta dihimbau untuk tidak membawa barang berharga yang tidak diperlukan untuk pelaksanaan ujian
• Penunjuk waktu :
Penunjuk waktu akan ada di layar monitor, sehingga peserta tidak perlu membawa atau menggunakan arloji/ jam tangan
• Alat tulis lain :
- Peserta diwajibkan membawa pensil ke Ruang CBT
- Penandatanganan dokumen, menggunakan pulpen yang disediakan oleh pengawas
• Pelaksanaan ujian :
- Peserta diminta memperhatikan aba-aba atau petunjuk pengawas
- Peserta tidak diperkenankan menggunakan/mengoperasikan Work Station sampai diinstruksikan oleh pengawas
- Peserta hanya diperkenankan menandatangani dokumen dengan pulpen yang disediakan oleh pengawas
- Dokumen yang akan ditandatangani peserta adalah 🡪 Daftar hadir
- Peserta tidak diperkenankan meninggalkan ruang ujian tanpa seizin pengawas
- Peserta tidak diperkenankan meninggalkan ruangan dengan alasan apapun terhitung sejak 10 menit sebelum ujian berakhir
- Koreksi soal:
# Selama ujian berlangsung tidak ada koreksi soal
Peserta yang merasa menemukan soal yang tidak tepat atau salah, dapat menyampaikan kepada pengawas dan akan dicatat di Berita Acara Pelaksanaan Ujian 🡪
Pengawas Ujian akan mencatat No. Peserta Ujian dan Nomor soal serta catatannya.
- Pelanggaran tata tertib pelaksanaan ujian :
# Peserta yang menimbulkan kegaduhan akan diingatkan oleh pegawas
# Pelanggaran tata tertib akan dicatat pada Berita Acara Pelaksanaan Ujian
# Peserta yang melanggar tata tertib ujian otomatis tidak lulus ujian